Member Login

Lost your password?

Registration

Arti hidup


Kata-kata Menyakitkan vs Kata kata Membangun

Saudaraku.. Pernahkah kamu merasakan kata-kata menyakitkan dari teman? Berhati-hatilah, Andapun bisa melakukannya. Contoh kata-kata menyakitkan hati: Melucu dengan cara menertawakan orang lain. Orang yang kita tertawakan mungkin ikut tertawa, tetapi dalam hatinya ada dongkol dan dendam. kata-kata menyakitkan

Jadi sebaliknya, ubahlah kata-kata Anda menjadi kata kata membangun. Bagaimana caranya memakai kata-kata membangun:

1. Perkatakan Firman Tuhan

Jika Anda mengetahui firman Tuhan, katakanlah kepada diri sendiri, melalui tulisan, dan kepada teman.

Yos. 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

2. Berkata sopan.

Hapus kata-kata kotor, jorok, tidak sopan atau porno, bahkan jika tujuannya untuk melucu.

Ef. 4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

3. Menegur jika ada yang salah.

Pakailah segala hikmat untuk menegur, karena ini bisa berbahaya jika tidak dipikirkan dengan benar.

2Tim. 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

4. Katakan hal yang penting saja.

Jangan ngobrol ke sana kemari tanpa tujuan. Terlalu banyak berbicara tanpa tujuan bisa membuat kita bersalah atau menyakiti orang lain tanpa sengaja.

Ef 5:4 Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono–karena hal-hal ini tidak pantas–tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

Ef 5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.

Dan yang terakhir, firman Tuhan mengatakan agar kita jangan bergaul dengan orang-orang yang kata-katanya hampa, atau tidak sopan.

Ef 5:7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.

Klik di sini untuk melihat contoh kata-kata kasih atau kata-kata menyenangkan. Yuk gabung ke groups Facebook ini untuk mulai mengucapkan kata-kata membangun: http://www.facebook.com/groups/207204166049693/


Bagikan kalau Anda mendapat sesuatu:

Share: Dilihat 943 kali

Artikel dalam kategori ini:


siksa neraka jahanam
» Siksa Neraka, Suara Jeritan Jutaan Manusia

» Orang yang Mendua Hati Tidak Akan Bahagia
emas
» Disucikan dan dimurnikan dan diuji
cara menjadi sukses
» Cara Menjadi Sukses
masalah hidup
» Atasi Masalah Hidup dengan Mengandalkan Tuhan

Tags: ,

Leave a Reply