Member Login

Lost your password?

Registration

Arti hidup


Manfaat Puasa bagi orang Kristen

Angkat beban membentuk otot tubuh, puasa membentuk otot spiritual.

Puasa adalah kegiatan menunda makan dan minum, untuk membiasakan tubuh menunda keinginan.
Puasa sebagian (partial fasting) biasanya dilakukan tanpa makan, tetapi tetap minum. Adapula yang tidak makan dan tidak minum, tetapi diselingi dengan makan dan minum misalnya pada pagi dan sore hari.
Puasa penuh (full fasting) biasanya dilakukan tanpa makan dan tanpa minum, maksimal selama 3 hari dikarenakan terbatasnya kekuatan tubuh manusia.
Puasa yang dilakukan Yesus selama empat puluh hari kemungkinan besar adalah puasa sebagian. Karena dikatakan di dalam

Mat. 4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

Tidak dikatakan disana, “maka lapar dan hauslah Yesus”.

Perkecualian dari hal ini adalah Musa saat berpuasa penuh selama empat puluh hari, dikarenakan adanya kuasa supranatural dari Tuhan saat ia berbicara “berhadap-hadapan muka” dengan Tuhan. Ul. 9:9 dan Kel. 33:11
Manfaat puasa:
1. Menguatkan iman.
Pada saat murid-murid Yesus tidak bisa mengusir setan, Tuhan berkata bahwa itu terjadi karena mereka kurang percaya.
Kemudian Yesus mengaitkannya dengan “doa dan puasa”. Jadi saya menarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara puasa dengan iman.
Mat. 17:20    Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, –maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.
Mat. 17:21    (Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.)”

2. Memberi kekuatan untuk melawan godaan, kebiasaan buruk, kecanduan, dan roh jahat jenis tertentu.
Mat. 17:21    (Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.)”
Orang yang mempunyai kebiasaan buruk atau kecanduan yang sudah berlangsung bertahun-tahun,
sebaiknya mematahkan kebiasaan buruknya melalui puasa. Jangan berharap kebiasaan bertahun-tahun bisa dilepaskan hanya dalam satu hari.

3. Membuat kita lebih peka mendengar suara Tuhan.
Dalam kisah rasul disebutkan bahwa murid Tuhan mendengar suara Roh Kudus pada saat mereka berpuasa.
Kis. 13:2    Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

4. Membentuk kebiasaan baik
Puasa membentuk kebiasaan untuk membaca firman dan berdoa lebih banyak setiap hari.
Puasa juga membiasakan diri kita untuk merespon situasi dengan lebih lambat.
Kalau biasanya kita cepat marah, maka dengan perut yang lapar maka tubuh menyesuaikan diri dengan bergerak lebih lambat, dan berkata-kata lebih jarang pula. Dengan begitu, kita tidak langsung merespon setiap stimulasi, tetapi menundanya, kemudian meresponnya sesuai dengan kehendak Allah.
Kalau kita biasanya memakan apa saja yang ada di hadapan kita, sebanyak-banyaknya, maka dengan berpuasa kita bisa membiasakan diri kita untuk puas dengan makanan yang secukupnya.
Kalau kita biasanya (maaf) suka memperhatikan perempuan lain, maka sekarang kita bisa membiasakan diri untuk puas dengan satu isteri yang sudah diberikan Tuhan kepada kita.

Para ahli di dunia sekuler mengatakan bahwa “kebiasaan” terbentuk setelah 21 hari, ada pula yang mengatakan 30 hari.
Banyak tokoh di Alkitab berpuasa selama 40 hari, jadi 40 hari bisa dipakai sebagai patokan untuk membentuk kebiasaan baru. Sebaiknya setiap orang mendengarkan suara Roh Kudus dan melihat tujuan puasanya untuk menentukan lama berpuasanya, apakah 3 hari, 1 bulan, atau 40 hari.
Musa berpuasa 40 hari, Ezra berpuasa, Hana berpuasa, Tuhan Yesus memulai pelayanannya dengan berpuasa empat puluh hari lamanya. Tidakkah Anda dan saya perlu melakukannya?

1Tim. 4:8    Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

latihan badani vs puasaNB: Saya tidak membahas manfaat puasa dari segi kesehatan. Walaupun benar ada manfaat seperti itu, Alkitab mencatat tujuan puasa lebih kepada pembentukan karakter dan iman, daripada pembentukan tubuh :P

Bagi yang ingin tahu cara melakukan puasa menurut Alkitab, klik cara puasa Kristen.


Share:

Artikel dalam kategori ini:


gold
» Hidup Kudus untuk Diberkati?
sukses dan bahagia
» Rahasia Hidup Sukses dan Bahagia
mengalah
» Mengalah
love
» Cinta adalah Motivasi Terbesar
cara bahagia
» Cara Hidup Bahagia

Tags: ,

6 Responses to “Manfaat Puasa bagi orang Kristen”

  1. peacepaying says:

    tidak memberi hak bagi tubuh untuk memenuhi keinginannya dengan makanan dan minuman. latihan menyangkal diri perlu agar rohani kuat. pada saat tubuh tidak makan,menekan kemauan tubuh itu, perlahan2 KUASA KEMAUAN DAGING/KEDAGINGAN itu melemah

    sementara tubuh tidak makan/minum, adalah bagian rohani yang dilayani dengan membaca firman merenungkannnya, meresapinya, maka kekuatan rohani semakin brtambah. keputusan untuk melakukan kehendak Bapa semakin kuat. dan itu artinya kesempatan untuk menjadi pemenang di dalam pergumulan semakin nyata….., sbab bila daging kehilangan kuasanya, kesempataan untuk menjadi anak2 kerajaan rohani semakin besar ,, dari situlah kits belajar untuk menyembah Bapa di dalam Roh dan kebenaran. dari situlah kita belajar untuk menjadi orang2 rohani dan hidup hanya bagi DIA saja dan tidak lagi hidup bagi diri sendiri.

  2. peacepaying says:

    tanpa puasa, kita hanya akan menjadi orang kristen nama saja

    setiap hari hidup, hidup hanya bagi diri, memperbesar rasa cinta pada diri, lalu menjadi cinta diri
    akhirnya ketika pencobaan daatang, tidak pernah mengalami kemenangan. setiap kali kalah terpukul mundur jatuh dan tidak bisa berdiri sampai pencobaan itu pergi. lalu tiba2 pencobaan datng lagi dengan semangat dan penuh pecaya diri bahwa kemarin si orang kristen itu tlah kupukul jatuh hanya dengan pukulan yang biasa saja, hari ini pasti dia akan ku pukul jatu lagi karena ku tau dia tidak pernah latihan. lalu akhirnya si kristen memang kalah lagi.. musuh segala jiwa dan kebenaran itu berkata: “biarlah mereka menjadi kristen, tidak apa2, selama mereka tidak pernah latihan, mereka tidak akan pernah menang

    mereka adalah orang2 kristen dengan segudang pengalaman dalam kekalahan. mereka baik tapi tidak pernah menang… dan ketika bertemu dalam perbaktian bersama untuk menyembah Tuhan mereka, yang mereka persembahkan adalah persembahan kekalahan.. ha ha ha.., huuaa hahaha ha ha

  3. peacepaying says:

    tapi saudara2ku yang kekasih…, jangan pernah membuat iblis menertawai jiwa kita lagi. mari kita latihan mari kita puasa.. mari kkta sangkal diri kita,..

    tapi satu hal lagi.., ketika kita puasa, kita harus ambil tujuan. maksudnya, tujuan itu bukan untuk kepentingan keinginan kita, tetapi haruslah kepentingan untuk keslamatan orang lain. puasa dalam arti kata tidak makan/minum bagi tubuh, namun dalam puasa sering banyak saudara tetap memanjakan diri dengan meminta kepada Bapa untuk memenuhi apa yang mereka inginkan.. dalam hal ini motif puasa itu sudah gagal saat baru mulai

    puasa yang tepat adalah mengapus segala kehendak kita dan membiarkan/merelakan kehendak Bapa yang jadi

  4. Emanuel Lila says:

    Terimakasih banyak

  5. Andrew says:

    Shallom..!
    Terima kasih untuk shared penjelasan mengenai Makna Berpuasa Bagi Orang Kristen. Dengan penjelasan yg sangat details tersebut tentunya sangat berguna bagi orang Kristen yang memerlukan pemahaman akan makna berpuasa..~ seperti saya pribadi. Sungguh sangat berarti dan menguatkan serta inspired saya untuk melakukan hal penting tersebut.
    Kiranya iman, pengharapan dan kasih dari Tuhan Yesus senantiasa menyertai saudara penulis dan keluarga serta karya karya nya. Salam, AT

Leave a Reply